People Come and Go, hal biasa dalam hidup

 


People Come and Go merupakan ungkapan yang belakangan ini banyak dibicarakan dalam media sosial nih. Sebutan untuk orang-orang yang datang dan pergi dalam hidup kita. Di media sosial banyak nih quotes-quotes tentang People Come and Go yang buat orang-orang merasa bahwa itu yang sedang mereka rasakan. Dalam quotes itu juga sering kali mengungkapkan bahwa People Come and Go menjadi penanda bahwa kita sudah dewasa.

Tapi, jika dipikirkan kembali bukannya People Come and Go adalah hal biasa dalam hidup ya? Sejak kecil memang orang-orang akan datang dan pergi dalam hidup kita, siapapun itu, karena seperti ucapan orang-orang di detik-detik kelulusan dulu—setiap pertemuan pasti ada perpisahan.

Jadi, kenapa People Come and Go terasa semakin menekan kehidupan seiring beranjak dewasa, padahal sejak kecil kita sudah merasakannya?

Jika dipikirkan ada beberapa alasan nih kenapa kejadian People Come and Go terasa nyakitin waktu umur semakin bertambah. Salah satu alasannya karena manusia tuh semakin bertambah umur semakin banyak yang dipikirin, apapun dipikirin, salah satunya mikirin masa lalu.

Noleh kebelakang ngebuat orang menyadari apa aja yang udah nggak ada di hidupnya. Sering banget tuh sebelum tidur, udah merem, tiba-tiba otak nyeletuk, ‘Oh iya, dulu ada si A yah yang sering dengerin aku curhat kalau lagi puyeng gini.’. Kejadian itu tuh yang buat ketidakhadiran orang yang dulu ada di hidup kita ngebuat kita ngerasa kosong, dan berharap seseorang itu kembali. Setelahnya, bakalan muncul pertanyaan-pertanyaan lain, yang biasanya juga diikuti penyesalan;

‘Kenapa sih dulu kita berantem?’

‘Kenapa sih dulu aku nggak berusaha buat mempertahankan dia?’

‘Kenapa sih dia pake ganti nomer sampai akhirnya lost contact kayak gini?’

‘Kenapa sih dia pake pindah rumah?’

‘Seandainya aja….’

Pertanyaan-pertanyaan sebelum tidur tuh emang nakutin banget kan.

Noleh ke belakang dan ngeliat temen TK yang udah nggak tau di mana keberadaannya, teman SD yang juga ngilang dan dateng tiba-tiba ngasih undangan nikah, temen SMP yang udah nggak tau gimana wujudnya, temen SMA yang alhamdulillah masih bisa dipantau lewat sosial media.

People Come and Go tuh sejalan sama ucapan-ucapan; setiap pertemuan ada perpisahan, setiap orang ada masanya, setiap masa ada orangnya, orang datang dan pergi tapi memori akan tetap ada. Itu yang akan terus terjadi dalam kehidupan manusia, kan?

Semua yang terjadi di belakang sana tuh bakalan ngasih kenangan, ngasih sesuatu yang selalu aja bisa ditoleh dan dikangenin, tapi ada juga loh kenangan yang bisa ditoleh tapi enggan buat diulang.

Kedatangan dan kepergian orang emang sudah sewajarnya terjadi dalam kehidupan manusia. Dan bagian paling menyakitkan dari ini adalah kita udah nggak bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya dilakukan bareng seseorang itu. Memang akan ngasih ruang kosong setiap kali ada orang yang udah nggak ada lagi dalam hidup, dan itu wajar.

Kenyataannya adalah kita emang nggak bisa mengendalikan kehadiran dan kepergian orang dari hidup kita, yang bisa dikendalikan adalah bagaimana kita bereaksi akan kejadian tersebut. Menderita, depresi, kehilangan, atau justru yang lebih baik adalah berusaha untuk mengikhlaskan.

Jadi, buat yang sekarang masih merasakan sakit akan ketidakhadiran orang dalam hidup, coba untuk mengikhlaskan, susah emang, dan butuh waktu lama. Tapi dengan kita terus-terusan menolak kenyataan bahwa memang orangnya nggak akan ada lagi dalam hidup kita, semakin kita menyakiti diri sendiri, karena hal itu bisa ngebuat kita hidup di masa lalu dan lupa kalau kita harus menikmati masa yang sekarang.

 

0 komentar