Novel Ghosting Writer, Meraih Mimpi dengan Cara yang Menarik



Judul               : Ghosting Writer

Penulis            : Aya Widjaja

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama (GPU)

Blurb:

“Ghosting Writer? Nama pena apaan, tuh! Pasti dia cuma writer tukang ghosting pembaca alias nulis cerita nggak kelar-kelar!” Sebagai penulis di T3, salah satu platform menulis online, Wilma tidak bisa berhenti julid setiap kali mendengar Ghosting Writer disebut-sebut teman sekelasnya. Masalahnya, Wilma sudah lebih lama menulis di T3 dan susah payah mendapatkan peringkat tinggi dengan mempromosikan ceritanya ke semua media sosial dan mengikuti keinginan pembaca. Sedangkan Ghosting Writer bisa melampaui popularitas Wilma tanpa promosi atau bersusah payah. Argh! Nyebelin!

Belum lagi kakak kelasnya, Ganindra, terus-terusan mengganggunya tanpa alasan; meledeknya penjajah karena namanya mirip ratu Belanda zaman penjajahan, memanggilnya dengan merek minyak goreng, dan sering melempar gombalan-gombalan jayus yang bikin merinding. Ganindra ada masalah apa sih sama Wilma? Keisengan Ganindra bikin Wilma, yang sudah bete karena perkara Ghosting Writer dan peringkat T3, jadi makin mumet.

Duuh! Apa yang harus Wilma lakukan untuk menyingkirkan Ganindra dan memperbaiki peringkatnya di T3 yang dibalap Ghosting Writer?

Review:

Mimpi sering kali datang pada masa-masa remaja, seperti Wilma yang bermimpi menjadi seorang penulis. Wilma merupakan anak sma yang ingin meraih mimpinya menjadi seorang penulis, tetapi dalam perjalanannya meraih mimpi itu dia bertemu dengan halangan-halangan seperti nilai sekolahnya yang merosot, kedatangan Ghosting Writer di T3 yang mampu merebut seluruh perhatian teman dan pembacanya, juga hadirnya Ganindra, Kakak Kelasnya yang selalu mengganggunya.

Seperti namanya Ghosting Writer merupakan sebuah novel yang membahas mengenai si Ghosting Writer, seseorang yang menulis pada platform T3 yang merebut kedudukan peringkat Wilma sebagai penulis senior di T3. Salah satu hal yang membuat Wilma kesal adalah bagaimana seluruh teman kelasnya lebih sering membicarakan karya T3 dibandingkan karyanya.

Novel ini merupakan novel romance yang terbit dari platform Gramedia sendiri yaitu Gramedia Writing Project. Novel romance yang mengangkat lingkup anak remaja, mulai dari latar yang kebanyakan di sekolah, percintaan yang sering pula terjadi di lingkup anak remaja.

Menurut saya novel ini sangat ringan dan lucu, romance yang diberikan juga bukan yang romance yang akan membuat pembaca merasa aneh. Tak hanya romance, novel ini juga mengangkat masalah orang tua dengan anak, seperti bagaimana orang tua yang tidak mendukung cita-cita anak dan memaksa anak untuk meraih cita-cita seperti yang diinginkan oleh orang tua.

Pada novel ini diceritakan bahwa Wilma merupakan gadis yang periang, gadis yang pemberani juga. Dia selalu berusaha untuk lebih baik dalam menulis, seperti ketika dia mengajak sahabatnya—Nehru—untuk ikut menggambar agar cerita yang dia tulis lebih menarik, juga bagaimana dia berusaha untuk mencari tau tentang Ghosting Writer dan ingin merefleksi diri dari kritik yang berikan oleh Ghosting Writer.

Novel ringan ini bisa dibaca untuk menghilangkan stress, karena alur yang ringan dan konflik yang diangkat tidak terlalu berat, membuat novel dengan jumlah halaman 311 ini mampu membuat kita lebih bisa merasakan bahagia dan bisa dibaca hanya dalam satu hari.

Selamat membaca dan bertemu dengan Ganin!





0 komentar