Jadi, bahagia itu apa?

 Jadi, bahagia itu apa?


            Jadi, apa bentuk dari bahagia itu?

Tempat ini dipenuhi dengan manusia yang akan memulai hidup dengan penuh perlombaan. Manusia-manusia yang umurnya akan menginjak kepala dua, manusia yang akan memulai hidup dengan penuh perasaan bersalah pada orang tua, atau manusia yang sebenarnya sedang ingin kabur mencari rumah kedua.

Mereka berlalu lalang, membaca setiap tulisan yang tertempel di mading-mading di samping jalan. Wajahnya mengerut penuh ketakutan, ditebak pikirannya; haruskah ini haruskah itu? Apa aku bisa ke sini? Atau ku kubur saja mimpi dan mengambil jalan dengan resiko kegagalan yang paling sedikit?

Seperti orang dewasa lainnya. 

Aku tak pernah paham apa yang dikejar orang-orang yang berpapasan denganku di persimpangan jalan setiap kali berangkat sekolah. Motor-motor berlalu lalang, seakan-akan tak peduli dengan satu-satunya nyawa, mereka menerjang untuk mencari uang yang tak akan ada habisnya. Tatapan matanya selalu tajam seakan-akan tidak pernah ada tetesan bahagia di hidupnya. Seakan-akan mereka lupa tentang masa lalu atau berusaha melupakan masa lalu. Mereka berlari seperti tak punya rencana masa depan atau mungkin memang tidak punya. Dan kemungkinan paling besar, mereka hanya berlari setidaknya untuk bertahan hidup di dunia fana ini.

Dan perihal uang yang mereka cari. Orang-orang selalu berkata padaku, beruntungnya aku lahir di keluarga yang berkecukupan, tak perlu memikirkan biaya pendidikan contohnya. Tapi,

Apakah mereka pernah mempertanyakan penderitaan gadis bahagia di keluarga berkecukupan? Apakah mereka pernah mempertanyakan luka yang harus ditanggung gadis bahagia di keluarga berkecukupan itu untuk sampai di detik ini? Apakah pernah mereka mempertanyakan atau sekedar ingin tau perjuangan gadis bahagia di keluarga berkecukupan itu?

Atau hanya aku yang selalu bertanya-tanya seperti itu ketika melihat mata orang-orang di sekitarku? Aku selalu membandingkan hidupku dengan kisah hidup mereka yang terdengar di telingaku; apakah hidupku jauh lebih bahagia atau lebih menderita? Apakah hari ini aku kusyukuri atau kusesali?

Setiap kali aku melihat senyum orang-orang di depanku; di kelas yang penuh, di persimpangan jalan. Aku mempertanyakan tentang keaslian. Apakah mereka benar-benar bahagia? Luka apa yang ada di hidupnya? Apa yang pernah terjadi di masa lalunya hingga membuatnya tumbuh seperti sekarang? Aku mempertanyakan itu, aku ingin tahu tentang itu, sekedar untuk jadi alasan bertahan sejam lagi, sehari lagi, atau jika bisa setahun lagi.

 Aku pernah dapat telepon dari seorang teman yang menangis, ku pertanyakan alasan tangisan itu keluar di pukul setengah delapan malam. Hatiku selalu sakit setiap mendengar tangisnya sejak aku tau bahwa dia terpenjara dalam kehidupannya sendiri. Kebahagiaan yang kulihat ketika pertama kali bertemu dengannya adalah alasan kenapa aku merasakan sakit itu. Dan sejak saat itu, aku berhenti berpikir bahwa kehidupan orang lain sangat bahagia seperti apa yang terlukis di depan mataku.

Perihal Bahagia itu seperti sebuah pertanyaan yang jawabannya tidak bisa dipastikan. Setiap mata memandang Bahagia dengan berbeda. Setiap kepala memikirkan Bahagia yang berbeda. Ada banyak bentuk dari Bahagia, tak bisa dijelaskan atau disebutkan satu per satu. Wujudnya pun terkadang membigungkan. Kenapa? Karena tak jarang yang terlihat Bahagia justru sedang menangis di dalam.

Apa bentuk kebahagiaan itu? Uang? Teman? Keluarga? Atau justru luka?

Karena terkadang, aku bahagia ketika aku sadar bahwa masa laluku penuh dengan luka.

          Jadi, apa sebenarnya Bahagia itu? Hal sederhana atau justru hal yang kita pikir kebahagiaan? Kehadiran orang yang menyayangi kita atau kehadiran orang yang kita sayangi? Sesuatu yang sudah jadi milik kita atau sesuatu yang ingin kita miliki?

          Jadi Bahagia itu yang mana? Yang ada di kepala atau keinginan semata? Satu hal yang pasti apapun bentuk Bahagia itu, kita berhak merasakannya. Dan jangan lupa untuk selalu mengingatnya, sekecil apapun kebahagiaan itu. Aku sadar bahwa aku terlalu sering melupakan sedikit kebahagiaan yang hadir di hidupku dan memilih untuk mengingat terus menerus luka kecil yang menggores hatiku.

          Hiduplah dengan Bahagia, jangan hidup untuk mencari Bahagia.

0 komentar